Membuat blog itu harus
ada pemikiran yang mantap dan matang karena disitulah makna yang akan di cari
orang-orang untuk mengunjungi blog kamu.
Tidak usah ribet
langsung saja baca aja nih..
1. What This?
Jenis yang pertama saya
beri nama artikel what this? atau apa ini?. Jenis artikel ini pemburunya sangat
banyak, tidak salah kalau Wikipedia selalu menjadi nomor satu kalau urusan
artikel what this ini. Dari dulu saya bertanya, mengapa Wikipedia selalu
populer di halaman satu pencarian Google, ternyaka, itu karena Wikipedia
memberikan penjelasan tentang sesuatu.
Banyak orang menanyakan
ke Google akan penjelasan sesuatu hal yang tidak diketahuinya. Misalnya bagi
seorang blogger pemula, dihadapkan pada satu penjelasan HTML, yakin dan percaya
saja, dia akan menanyakan pengertian HTML ke Google. Disitulah akan muncul
banyak artikel tentang pengertian HTML.
2. How to...
Tidak kalah populernya
dengan jenis artikel What This, artikel how to atau bagaimana cara melakukan
sesuatu juga diburu banyak pembaca. Ketika seseorang telah mengerti penjelasan
soal HTML misalnya, pasti langkan selanjutnya yang akan dilakukan oleh si
pencari informasi tersebut adalah bagaimana cara menguasai HTML.
Seorang penulis yang
baik dengan senang hati akan memberikan penjelasan kepada orang lain tentang
sesuatu yang tidak diketahuinya. Salah satu tips agar menguasai tulisan jenis
ini adalah dengan mencobanya secara langsung, lalu menceritakan kepada pembaca
blog agar kesannya tidak diada-ada.
3. Tips and trick
Jenis artikel
selanjutnya yang tidak kalah populernya di internet adalah tips and trick.
Tidak heran, ada satu website di Amerika yang konsen mengisi kontennya dengan
tips and trick dalam berbagai topik. Ini karena, jumlah pencari artikel semacam
ini sangat banyak dan akan terus bertambah.
Orang-orang punya
kelemahan mencari jalan pintas atau cara tercepat melakukan sesuatu. Misalnya
belajar HTML, pasti akan ada orang yang mencari artikel di Google tips agar
cepat menguasai HTML atau trick agar HTML yang dipelajari bisa berjalan dengan
baik.
4. Bucket List
Pernah menonton film
Bucket List yang dibintangi oleh Morgan Freeman? Kalau pernah maka kita sama
(hehe). Jenis artikel yang paling banyak dicari oleh pembaca di internet adalah
artikel bucket list atau daftar. Salah satu contohnya adalah tulisan ini yang menjelaskan
10 tipe artikel yang paling dicari di internet.
Artikel bucket list
memang gampang-gampang susah (lebih banyak gampangnya dari pada susahnya).
Salah satu tips agar bisa menang bersaing dengan jenis artikel ini adalah
memberikan daftar yang lebih banyak dari pesaing. Misal orang lain menulis 5
tips agar menguasai HTML dengan cepat, Anda tulis 10 tips agar menguasai HTML
dengan cepat.
5. Facts and Myths
Tipe yang kelima adalah
artikel facts and myths atau fakta dan mitos. Jenis tulisan ini juga sangat
banyak digemari oleh orang-orang. Hal-hal seputar fakta atau mitos disekitar
kita bisa menjadi bacaan yang menggairahkan. Misalnya Anda menulis mitos
perempuan yang belajar HTML akan jadi perawan tua. Hal ini akan menjadi bacaan
yang diburu oleh orang-orang, utamanya perempuan.
Dalam kondisi yang
sama, Anda juga bisa menulis tentang fakta bahwa ada banyak perempuan cantik di
dunia yang jadi programer karena menguasai HTML.
6. Odd
Tipe artikel yang
keenam adalah artikel odd atau ganjil, aneh, asing, ekstra, sambilan atau lebih
banyak. Tipe ini memang artikel yang tidak biasa utamanya bagi tatanan sosial
kita. Orang-orang akan dengan senang hati meluangkan waktunya untuk membaca
satu artikel yang dirasanya ganjil.
Misalnya, seorang
blogger yang tidak mengerti HTML dijadikan programer di Google. Tulisan-tulisan
yang ketika melihat judul saja, sudah bisa membuat dahi seseorang mengkerut
adalah jenis artikel yang akan dibaca oleh orang. Terlepas apakah isinya baik
atau jelek.
7. Free
Kata free di Google
bernilai 8 miliar lebih halaman pencarian, sedangkan kata gratis 1 miliar
lebih. Itu artinya, banyak peselancar di dunia maya yang mencari gratisan. Maka
dari itu, artikel yang tidak kalah populernya di internet adalah artikel gratis
atau free.
Bukan memberikan
artikel gratis atau free, tapi jenis artikel yang mengusung konsep gratis.
Misalnya, download gratis ebook belajar HTML, atau cara gratis menguasai HTML
dalam hitungan jam. Dimana-mana yang namanya gratis akan membuat mata orang
terbelalak, apalagi kalau tulisannya Gratis iPhone 6+ (itu saya juga kepengen).
8. Different
Siapa bilang tampil
berbeda itu selalu berkonotasi buruk. Buktinya ada banyak orang-orang di dunia
yang sukses besar karena berani tampil beda. Begitu juga di dunia blog. Tidak
sedikit artikel yang mengusung konsep different atau berbeda yang malah ramai
dikunjungi. Itu karena belum ada yang sama dengan artikel yang dibuatnya.
Orang-orang akan lebih senang dengan sesuatu yang baru.
Salah satu contoh
suksesnya adalah Raditya Dika. Blogger yang kini telah melahirkan banyak buku
itu awalnya menulis karena ingin tampil beda. Ia menyasar konsep humor dan
jenaka. Dalam seketika, blog Radit melejit dan kini telah sukses setengah mati.
Langkahnya pun diikuti oleh banyak blogger.
9. Entertainment
Jangan remehkan
tulisan-tulisan entertainment. Peminatnya sangat banyak. Apalagi pasca jam-jam
sibuk. Orang-orang akan berselancar di internet untuk mencari tulisan-tulisan
yang menghibur. Baik itu jenisnya humor jenaka atau artikel tentang artis dan
jenis hiburan lainnya.
Jenis blog yang
membahas kehidupan soal artis saja jumlahnya sangat banyak, belum lagi yang
mengulas tentang film, musik, fashion dan segala macam tentang dunia hiburan.
Selagi orang-orang disibukkan dengan pekerjaan yang membebani otak, maka saat
itu juga jenis tulisan ini akan diburu.
10. News Update
Tipe tulisan ini memang
sangaja saya taruh dibagian paling akhir, karena jenis tulisan ini biasanya
sangat sedikit dimainkan oleh seorang blogger mandiri. Jenis tulisan news
update biasanya digeluti oleh perusahaan media yang punya sumber daya yang
besar.
Tapi tidak sedikit
pula, blogger yang menggeluti artikel berkaitan dengan berita. Bahkan The
Huffington Post, media pemberitaan khususnya politik di Amerika berawal dari
tulisan-tulisan si Huffington di blog pribadinya. Kali saja, suatu saat ada
media di Indonesia yang lahir dari rahim seorang blogger.
Dari 10 tipe tulisan
yang paling banyak dibaca oleh pengguna internet diatas, mana yang saat ini
Anda geluti? Terlepas dari apakah blog Anda niche atau gado-gado, semua jenis
artikel diatas bisa disatukan dalam satu postingan. Akan lebih baik lagi jika
dilengkapi dengan ilustrasi gambar dan video (buatan sendiri).
Masih banyak lagi
artikel lagi yang belum saya tulis disini tapi setidaknya uda membangunkan inspirasi
bloger mania .hehehe.
No comments:
Post a Comment
thank you for reading of my blog